AUDIENSI UGM DENGAN BUPATI PACITAN: Pengembangan Usaha Sapi Perah

Berita

Kegiatan audiensi dilakukan pada hari ini, Senin (08/11/2021), di Ruang PETA yang dimulai pukul 10.00 WIB. Audiensi ini dipimpin langsung oleh Bupati Pacitan, didampingi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda, Bappeda, Dinas Pertanian, Dinas Koperasi dan UM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pacitan serta dihadiri oleh kelompok Tani Bumi Rahayu.

Kegiatan ini diawali paparan dari Dosen Universitas Gajah Mada, Prof. Ir. Ambar Pertiwiningrum, Prof. Catur Sugiyanto, Ph.D., Dr. drh. Soedarmanto Indarjulianto, yang menyampaikan tentang pendampingan UGM di kawasan pengembangan sapi perah Kecamatan Tegalombo. Berbagai kegiatan Dosen Mengabdi diantaranya yaitu Pelatihan Manajemen Pemeliharaan Sapi Perah di Gemaharjo dan Tahunan, Kecamatan Tegalombo. Selain itu, target dari Dosen Mengabdi ini adalah meningkatkan pengetahuan, keterampilan, produktivitas dan kesejahteraan masyarakat melalui praktek usaha produk olahan susu dan turunannya. Disamping itu memiliki target untuk meningkatkan pengetahuan dan kapabilitas wanita istri peternak sapi perah, dalam mengelola kelembagaan kewirausahaan hijau, berbasis UKM yang berkelanjutan untuk menyejahterakan masyarakat dan meningkatkan ekonomi desa.

Diakhir paparannya disampaikan perlunya dukungan pemerintah Kabupaten Pacitan diantaranya fasilitasi BPOM, fasilitasi dan pelatihan pengemasan dan pemasaran. Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji-INB, menyambut baik dilaksanakannya Dosen Mengabdi dari UGM di Kacamatan Tegalombo. Beliau mengucapkan terimakasih kepada UGM atas pendampingan dan program pengembangan kawasan sapi perah di Kecamatan Tegalombo sehingga peternak dapat menghasilkan produk susu yang sudah dikerjasamakan dengan PT. Nestle. Selanjutnya Beliau bersama OPD terkait akan berupaya meningkatkan pengembangan produk sehingga ke depan Tegalombo dapat menjadi kawasan pengembangan susu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 2 =